Tim Rescue IRRES siaga Merapi

Jakarta, (26/11), IRRESnews

Pasca ditetapkannya status gunung Merapi Jawa Tengah dalam status Siaga (level 3) oleh BPBD Jawa Tengah pada (10/11) lalu, Tim rescue IRRES menerjunkan 3 orang personil untuk melakukan Assesment ke lokasi.

Tim yang berangkat pada Jum’at (20/11) lalu membawa peralatan APD standar rescue dan satu unit ambulance dengan perkiraan di lokasi sekitar 7 hari. Tim ini melakukan assesment awal untuk mengetahui situasi di sekitar lokasi pengungsian.

Di lokasi pengungsian Tim IRRES mendirikan dapur air untuk melayani kebutuhan air minum hangat para pengungsi. Dapur air ini cukup membuat kehangatan para pengungsi yang sebagian besar adalah anak-anak dan orang tua.

Sampai hari ini Kamis (26/11) perkembangan status gunung Merapi masih siaga, menurut laporan BPPTKG kondisi magma dalam perut merapi sudah hampir mencapai puncak. Hal ini bila terus berlanjut akan mengakibatkan luncuran lahar seperti erupsi beberapa tahun yang lalu.

Menurut Armiko, ketua Tim rescue IRRES bahwa kemungkinan kondisi Merapi memburuk bisa saja terjadi, oleh sebab itu mereka bersama para relawan lainnya terus memantau dan bersiaga. Masyarakat disekitar Merapi yang terdampak sudah juga disiapkan bila sewaktu-waktu Merapi erupsi.