Sekolah Siaga Bencana, MI Istiqlal adakan Mitigasi bencana

irres.news

Jakarta, (27/10)

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Istiqlal adakan pembekalan mitigasi bencana bagi guru dan siswa, pada Rabu (26/10).  Kegiatan yang dilaksanakan  dengan pemateri dari IRRES (Indonesian Relief Rescue) ini, menurut Afandi salah seorang tim IRRES adalah    dalam rangka memberikan bekal kesiapsiagaan guru dan siswa  menghadapi bencana. 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 wib hingga pukul 12.00 wib ini diawali dengan pemaparan materi singkat tentang potensi bencana dan  apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi menghadapi bahaya kebakaran di rumah akibat kompor dan lainnya. 

Terakhir dilakukan simulasi menghadapi gempa bumi yang melibatkan seluruh guru siswa MI Istiqlal.  Menurut Armiko, dari tim IRRES, simulasi ini penting dilakukan oleh siswa dan guru agar mereka merasakan seperti situasi sebenarnya ketika terjadi gempa bumi di sekolah, sehingga bila terjadi situasi bencana gempa sebenarnya siswa dan guru tahu dan minimal siap menghadapinya. 

Armiko menambahkan bahwa wilayah Indonesia adalah termasuk wilayah yang paling rawan terhadap bencana. Oleh sebab itu kesiapsiagaan seperti ini perlu dilakukan oleh sekolah-sekolah agar menimalisir korban ketika bencana terjadi., tutur Miko.

cw  

 

 

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu? 🙂