Gempa Bumi Flores

 

Gempa bumi terjadi di NTT. BMKG memberi peringatan dini tsunami.
Flash Update

Kejadian Bencana : Gempa Bumi
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Waktu Kejadian : Selasa, 14 Desember 2021; Pukul 10.20 WIB
Update : Selasa, 14 Desember 2021; Pukul 11.41 WIB

Ringkasan Materi :
• Telah terjadi Gempa dengan Skala Magnitude 7.4 SR, Kedalaman 10 KM Pada Selasa (14/12) Pukul 10:20 WIB, Lok:7.59 LS, 122.24 BT, Pusat Gempa Berada di 113 Km Barat Laut LARANTUKA-NTT. Gempa Berpotensi Tsunami.
• Gempa terhitung terjadi Sebanyak 6 Kali dengan Gempa dengan 4 kali Gempa Berkekuatan > 7.0 SR. dan 2 Kali Gempa Berkekuatan < 7.0 SR.
• Gempa Bumi Dirasakan IV Ruteng, IV Labuan Bajo, IV Larantuka, IV Maumere, IV Adonara, IV Lembata, III Tambolaka, III Waikabubak, III Waingapu, II-III Makassar, II-III Takalar dan II-III Pangkep
• Guncangan terasa Di Kab. Flores Timur, Kab. Sikka dan Kab. Ende sehingga masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang aman.
• BMKG Sudah Mengeluarkan Peringatan Dini 3 untuk diteruskan kepada masyarakat di Kepulauan Flores Timur, Sikka dan Lembata dengan Level Waspada.
• Informasi BMKG Terdeteksi Tsunami di wilayah Marapokot Kab. Nagekeo (NTT) dan Reo Kab. Manggarai (NTT) dengan tinggi gelombang 0,07 Meter.
• Gempa mengakibatkan kerusakan di Wilayah Takabonerata dan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Giat PMI :
Merespon kejadian tersebut PMI Provinsi NTT dan Sulawesi Selatan Memobilisasi Personil untuk melakukan Asessment, Standby Posko, Melakukan Pemantauan dan berkoordinasi dengan Instansi terkait lainnya.

Demikian laporan ini kami buat dan laporkan. Jika ada perkembangan selanjutnya akan segera kami informasikan kembali, atas dukungan serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

POSKO PUSAT
PALANG MERAH INDONESIA

DISASTER MANAGEMENT CENTER
INDONESIAN RED CROSS
NATIONAL HEAD QUARTER

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5853952/gempa-m-75-di-wilayah-ntt-ada-peringatan-tsunami

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu? 🙂