fbpx

Tanggap Darurat Gempa Sukabumi

Jakarta, www.irres.org, (11/3) 2020

Pasca gempa bumi dengan magnitudo 5 SR yang melanda Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya pada pukul 17.18 WIB. LAZ YAPI menerjunkan tim Rescue IRRES untuk melakukan tanggap darurat dan assessment.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa tersebut berada pada koordinat 6.81 LS dan 106.66 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kedalaman 10 kilometer. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa ini terjadi sebanyak dua kali yang mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan.

Tim IRRES menuju lokasi terdampak bencana gempa terparah di kecamatan Kabandungan dan Kalapanunggal. Tim ini melakukan evakuasi tanggap darurat dengan membawa berbagai perlengkapan dan peralatan untuk warga yang terdampak gempa. Data sementara yang tercatat di lokasi pengungsian warga terdampak gempa di kecamatan Kabandungan :

  • Kampung Cipicung 180 jiwa 25 KK
  • Kampung Babakan 27 jiwa 9 KK
  • Jayanegara 200 jiwa

Menurut Armyko sebagai ketua tim IRRES, mereka akan melakukan assessment data-data korban terdampak gempa dan juga melakukan bantuan tanggap darurat. Bagi donatur yang ingin turut membantu masyarakat yang terdampak gempa bumi dapat melalui kami, tutur Armyko.

 

Tim IRRES melakukan Assessment dan tanggap darurat di kampung pondok beureum, desa/kecamatan Kabandungan Sukabumi Jawa Barat.